Skip to content
KEMENDIKDASMEN

KEMENDIKDASMEN

Republik Indonesia

  • TENTANG KAMI
    • SEJARAH
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • TUPOKSI
  • PROGRAM
  • SAKIP
    • LAKIP
    • RENSTRA
    • PERJANJIAN KINERJA
  • ZI WBK
    • MANAJEMEN PERUBAHAN
    • PENATAAAN SISTEM MANAJEMEN
    • PENATAAN TATALAKSANA
    • PENGUATAN AKUNTABILITAS
    • PENGUATAN PENGAWASAN
    • PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK
  • PUBLIKASI
    • LAYANAN
      • SEWA ASRAMA DAN RUANG RAPAT
      • PENGADUAN
      • Maklumat Pelayanan
      • STANDAR LAYANAN
      • HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT
    • BERITA
      • BERITA INTERNAL
      • BERITA EKSTERNAL
    • JURNAL
      • JURNAL INTENAL
      • JURNAL EKSTERNAL
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PEPRES
      • PERMEN
    • VIDIO
    • UNDUHAN
  • PENGUMUMAN
  • HUBUNGI KAMI
  • Toggle search form
  • Lokakarya 5 dengan tema “Kolaborasi Dalam Pengelolaan Program Yang Berpihak Pada Murid” Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 (17-Maret-2024) PROGRAM GURU PENGGERAK
  • Sosialisasi Percepatan Penyaluran Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) se Sulawesi Tenggara BERITA EKSTERNAL
  • Kolaborasi Penggerak Komunitas Bersama Kepala BGP Sultra Bapak Awaluddin Keala, S.Pd.,M.Pd BERITA INTERNAL
  • praktik baik P5 SDN 100 Buton, gaya hidup berkelanjutan membuat lampion dari barang bekas. BERITA INTERNAL
  • Ruang GTK Jadi Sarana Belajar yang Inspiratif, Terintegrasi, Inklusif, dan Sederhana Bagi Insan GTK BERITA EKSTERNAL
  • 13 Karya Terpilih Pekan Bukti Karya Kombel BGP Sultra Tahun 2024 BERITA EKSTERNAL
  • Sosialisasi fitur Pengelolaan Kinerja bagi Guru dan Kepala Sekolah di PMM – BGP Sultra BERITA INTERNAL
  • Kupas Tuntas Penerbitan NRG, NUPTK dan Pemutakhiran DAPODIK untuk pencairan TPG BERITA EKSTERNAL

Bersama Manfaatkan Rapor Pendidikan Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua

Posted on 19 March 2025 By bgpsultra

Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 124/sipers/A6/III/2025, Jakarta, 18 Maret 2025

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kebijakan berbasis data. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah melalui Rapor Pendidikan, sebuah platform yang menyajikan hasil evaluasi sistem pendidikan secara menyeluruh. Platform ini memberikan gambaran kondisi pendidikan di tingkat nasional, daerah, dan satuan pendidikan, serta telah terintegrasi dengan indikator kinerja dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan.

Dalam Forum Redaktur Pendidikan bersama media massa yang berlangsung di Plasa Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikdasmen, Jakarta, Selasa (18/3), Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, menyampaikan Rapor Pendidikan Tahun 2022-2024 yang merupakan bagian dari penghimpunan data pendidikan melalui berbagai mekanisme.

“Diharapkan dengan Rapor Pendidikan ini, kita dapat memiliki peta pendidikan, khususnya terkait mutu layanan pendidikan di berbagai bidang. Mudah-mudahan ini bisa menjadi masukan atau bahan evaluasi bagi kita dalam melakukan perbaikan pada masa-masa yang akan datang,” ujar Mendikdasmen.

Mendikdasmen juga mengatakan bahwa Rapor Pendidikan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam memenuhi SPM Pendidikan, yang merupakan bagian dari rencana strategis pengembangan pendidikan nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Toni Toharudin, memaparkan bahwa Rapor Pendidikan merupakan sumber data utama dalam penjaminan mutu karena menampilkan kondisi layanan pendidikan di tingkat nasional, daerah, dan satuan pendidikan. Pemanfaatan Rapor Pendidikan dalam penjaminan mutu ini terbagi menjadi 1) sistem penjaminan mutu internal melalui proses evaluasi dini; dan 2) sistem penjaminan mutu eksternal melalui penilaian berbagai pemangku kepentingan. “Muatan dari sistem penjaminan mutu ini adalah peningkatan dan pemerataan mutu layanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Rapor Pendidikan menyajikan data Asesmen Nasional (AN) dan berbagai data pendidikan lainnya. Salah satu instrumennya adalah Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) yang mengukur capaian murid dalam literasi dan numerasi. Berdasarkan data AN, terdapat peningkatan proporsi murid yang mencapai kompetensi minimum literasi dan numerasi selama tahun 2022 hingga 2024.

Proporsi murid yang mencapai kompetensi minimum literasi meningkat dari 59,49% pada tahun 2022 menjadi 68,05% pada tahun 2023, dan terus naik hingga 70,03% pada tahun 2024. Sementara itu, proporsi murid yang mencapai kompetensi minimum numerasi juga menunjukkan peningkatan dari 45,24% pada tahun 2022 menjadi 62,45% pada tahun 2023, dan mencapai 67,94% pada tahun 2024. Kendati demikian, peningkatan ini belum merata di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Perbedaan capaian antar kabupaten/kota disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain masih adanya keterbatasan dalam akses dan jumlah, serta ketidakmerataan pendidik yang berkualitas di beberapa wilayah.

Selain peningkatan hasil belajar, Rapor Pendidikan juga mencatat adanya perbaikan dalam aspek kualitas pembelajaran, refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru, serta kepemimpinan instruksional kepala satuan pendidikan. Faktor-faktor ini dinilai memiliki potensi besar dalam mendorong peningkatan capaian belajar dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.

Namun, di sisi lain, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu menjadi perhatian, terutama pada indikator karakter murid, iklim keamanan sekolah, dan iklim kebinekaan. Kondisi ini menunjukkan perlunya langkah konkret dalam memperkuat pendidikan karakter serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan inklusif bagi seluruh peserta didik.

“Untuk itu, Kemendikdasmen mendorong seluruh pemerintah daerah dan satuan pendidikan untuk mengoptimalkan pemanfaatan Rapor Pendidikan sebagai upaya bersama dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Seluruh komponen masyarakat bisa ikut bergotong-royong bersama pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan demi terwujudnya Pendidikan Bermutu untuk Semua,” pungkas Toni.

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: kemdikbud.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikbud.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah
#RamadanTenangMenyenangkan

BERITA EKSTERNAL, BERITA INTERNAL

Post navigation

Previous Post: Presiden Apresiasi Tiga Kepala Daerah atas Komitmen Meningkatkan Kesejahteraan Guru
Next Post: Laporan Kinerja Tahun 2024

Related Posts

  • Kupas Tuntas Penerbitan NRG, NUPTK dan Pemutakhiran DAPODIK untuk pencairan TPG BERITA EKSTERNAL
  • TESTIMONI GURU DAN KEPALA SEKOLAH KAB. MUNA BARAT – PEMANFAATAN APLIKASI AWAN PENGGERAK BGP SULTRA AWAN PENGGERAK
  • Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah BERITA EKSTERNAL
  • Kemendikdasmen Buka Program PPG bagi Guru Tertentu Tahun 2025, Dorong Sertifikasi Profesi Bagi Guru yang Aktif Mengajar BERITA EKSTERNAL
  • Rekrutmen CGP Angkatan 12 BERITA EKSTERNAL
  • Kunjungan Kerja Kepala BGP Sultra ke Kabupaten Buton Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka BERITA INTERNAL

Kalender 2024

October 2025
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
« May    

Berita Terupdate

  • Berikan Empati, Mendikdasmen Temui Keluarga Korban Kecelakaan Guru SD ITQ As-Syafi’iyah
  • Wamendikdasmen Buka ToT Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk Guru, Tekankan Etika dan Tanggung Jawab Digital
  • Kemendikdasmen Apresiasi Komitmen Daerah dalam Wujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua
  • Kemendikdasmen Buka Program PPG bagi Guru Tertentu Tahun 2025, Dorong Sertifikasi Profesi Bagi Guru yang Aktif Mengajar
  • Penguatan Keterampilan Numerasi Siswa melalui Inovasi Pembelajaran yang Menyenangkan

Komentar

No comments to show.

Waktu Penerbitan Berita

  • May 2025
  • April 2025
  • March 2025
  • February 2025
  • September 2024
  • August 2024

Kategori Informasi

  • AWAN PENGGERAK
  • BERITA EKSTERNAL
  • BERITA INTERNAL
  • IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
  • JURNAL EKSTERNAL
  • JURNAL INTENAL
  • LAKIP
  • PENGUMUMAN
  • PERJANJIAN KINERJA
  • PROGRAM GURU PENGGERAK
  • PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK
  • RENSTRA
  • Rekomendasi Panduan Belajar 15 menit di PMM edisi Februari 2024 BERITA EKSTERNAL
  • Sapa GTK “Kelola Kinerja Guru dan Kepala Sekolah” BERITA EKSTERNAL
  • Pelatihan Awan Penggerak 6 s.d 9 Maret 2024 AWAN PENGGERAK
  • Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
  • praktik baik P5 SDN 100 Buton, gaya hidup berkelanjutan membuat lampion dari barang bekas. BERITA INTERNAL
  • Ruang GTK Jadi Sarana Belajar yang Inspiratif, Terintegrasi, Inklusif, dan Sederhana Bagi Insan GTK BERITA EKSTERNAL
  • Mendikdasmen Berkomitmen Tingkatkan Kemahiran Guru Bahasa Inggris di Indonesia BERITA EKSTERNAL
  • Program Pertukaran Guru IKTE 2025, Komitmen Kemendikdasmen Tingkatkan Kompetensi Global Guru BERITA EKSTERNAL

Copyright © 2025 KEMENDIKDASMEN.

Powered by PressBook News WordPress theme